
Pernahkah anda berfikir mengapa setiap menyebut nama air mineral pasti yang pertama kali terlintas dibenak adalah Aqua atau brand lainya? atau jika kita sebut mie instan pasti yang terlintas adalah indomie ? Sepertinya brand-brand tersbut sudah sangat melekat dikalangan konsumen. Hal tersbut tidak mengherankan karena memang kekuatan branding tidak bisa disepelekan. Sebagus apapun barang atau jasa yang kalian miliki, tanpa adanya sentuhan branding konsumen akan kesulitan mengingatnya apalagi mengenalnya.
Sejatinya apa sebenarnya yang dimaksud dengan branding ? mengapa sebuah bisnis perlu melakukan branding ? dan bagaimana dampak branding bisa sebesar itu ?
Untuk lebih memahami branding mari kita ulas satu persatu mulai dari definisi dari branding itu sendiri. Branding sendiri menurut American Marketing Association merupakan nama, simbol, istilah, desaign dan sebagainya yang menjadi diferensiasi produk satu dengan produk lainya. Jadi, jika kita melihat sebuah logo sepatu dari nike yang berupa simbol atau gambar ceklis itu adalah bagian dari branding.
Dalam melakukan kegiatan branding anda perlu mengetahui unsur dari branding. Unsur-unsur ini nantinya akan mempermudah kegiatan branding agar menjadi efektif. Untuk melakukan branding unsur yang pertama perlu diperhatikan adalah sebagai berikut
- Visi Misi
Visi Misi adalah dasar dari kegiatan branding yang akan anda lakukan. Visi dan Misi yang anda tetapkan akan memberikan ciri atau ke khasan tersendiri dalam melakukan kegiatan branding. Visi dapat diartikan sebagai tujuan dari bisnis yang anda lakukan sementara Misi adalah langkah-langkah yang anda lakukan untuk mencapai visi.
- Logo

Logo sendiri merupakan wajah dari produk yang akan anda jual. Dalam membuat logo pastikan disesuikan dengan identitas atau jati diri dari produk itu sendiri. Selain itu pemilihan warna, bentuk juga akan mempengaruhi karakteristik dari logo tersebut. Pastikan membuat logo yang memorable.
- Tagline
Tagline ini biasanya digunakan untuk menyuarakan sebuah campaign dari produk tersebut. tagline dan logo biasanya menjadi sepasang yang tak terpisah seperti Nike Just Do It.
- Website
Perkembangan teknologi yang berkembang pesat menuntut anda untuk melakukan kegiatan branding dibanyak saluran seperti internet dan salah satunya adalah melalui website. Bisnis yang sudah memiliki nama besar wajib memiliki website sebagai kredibiltas.
Setelah mengetahui unsur-unsur dalam melakukan branding, lalu apa gunanya melakukan branding untuk bisnis ? kegiatan branding sangat penting dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Jika produk anda sudah dikenal oleh konsumen akan lebih mudah bagi anda untuk memasarkan produk di pasaran dan juga memberikan posisi yang kuat bisnis anda dalam industri. Kegiatan branding juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang anda miliki.
Secara umum branding juga dapat berfungsi sebagai pembeda, produk yang melakukan branding tentu akan beda dengan produk yang tidak melakukan branding. Dari segi kmerek tentu produk yang melakukan branding akan lebih familiar dikalangan konsumen.
Branding yang kuat akan mempengaruhi kelangsungan umur dari merek dagang bisnis anda. Kekuatan branding bahkan memapu menyingkarkan brand-brand lain yang sedang merambah kepasaran.