Rapihin.id

Jika kamu memiliki usaha atau bisnis apakah yang menjadi tujuanmu? Mungkin jawabannya adalah keuntungan.

Jika sebuah usaha mengalami kerugian ataupun tidak berkembang maka otomatis akan ada pembenahan atau perbaikan di dalamnya sehingga usaha tersebut tidak lagi mengalami kerugian dan dapat menghasilkan keuntungan di masa yang datang.

 Menurut sebuah sumber di Forbes pengembangan usaha adalah penciptaan jangka panjang untuk organisasi daripelanggan, [pasar, dan interaksi di dalamnya.

 

 

Jenis pengembangan usaha

Ada dua jenis pengembangan usaha, yaitu: 

1. Pengembangan vertikal adalah pengembangan usaha dengan cara mengembangkan inti dari bisnis.

2.Pengembangan horizontal adalah pengembangan bisnis yang tidak linear dengan inti bisnis, namun dapat memperkuat inti bisnis tersebut.

Sebelum kita membahas trik pengembangan usaha ada baiknya kita mengenal lebih dulu tentang berbagai aspek yang  berpengaruh cukup signifikan dalam pengembangan usaha yang akan kita lakukan.



Aspek pengembangan usaha

Dalam mengembangkan usaha, ada tiga buah aspek yang harus diperhatikan yakni: 

  •  Aspek penjualan memerhatikan bagaimana penjualan barang tersebut, mayoritas umur, asal, dan juga kecenderungan konsumen, dan proses penjualan.
  • Aspek manajeman memperhatikan proses manajerial dari bisnis dimulai pembuatan produk, perencanaan pemasaran, hingga perencanaan distribusi produk.
  • Aspek strategi mencakup bagaimana cara pengembangan bisnis dengan meningkatkan kualitas produk, membuat produk baru, atau bekerja sama dengan pihak lain

Trik pengembangan usaha

Trik pengembangan usaha sendiri  harus dilakukan dari segi produk, sistem penjualan, integrasi, dan sinergisme.

  • Dari segi produk, pengembangan usaha dilakukan dengan cara mengembangkan produk sesuai dengan selera pasar, mengeluarkan produk baru yang inovatif, mencari cara efisien dalam produksi sehingga produk berkualitas sama bisa dihasilkan dengan biaya yang lebih rendah.
  • Dari segi penjualan, pengembangan usaha dilakukan dengan membangun hubungan yang baik dengan konsumen, melakukan penjualan melalui media sosial, memastikan kepuasan konsumen, Integrasi adalah mengembangkan bisnis dengan cara memperbesar perusahaan. Misalnya suatu perusahaan pembuat makanan ringan berupa keripik pisang membeli toko baru sebagai cabang, membeli perkebunan pisang untuk bahan baku, membeli perusahaan ekspedisi untuk distribusi bahan baku dan pemasaran produk, serta membeli perusahaan percetakan untuk menunjang kemasan dari produk.
  • Sinergisme adalah membangun sinergi di dalam perusahaan dan memperluas jejaring sosial di luar perusahaan. Sinergisme dapat dibangun dengan merekrut pegawai yang memiliki bakat dari bidang usaha, bekerja sama dengan perusahaan lokal maupun nasional untuk membuka pasar baru, dan memperluas jangkauan pasar.

#SatSetAccounting 

#BisnisJadiMudah

Scroll to Top