Rapihin.id

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang cara mengembangkan usaha mari kita cari tahu dulu

Apa itu Pengembangan Usaha ?

Pada dasarnya pengembangan usaha adalah upaya untuk memperbaiki pelaksanaan pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang, dengan memberikan informasi yang mempengaruhi sikap-sikap atau menambah kecakapan.

Sementara itu, umumnya mengembangkan usaha adalah bentuk tanggung jawab dari setiap pengusaha yang membutuhkan pandangan ke depan, motivasi, dan kreativitas. Sebagai pemilik usaha atau bisnis, Anda harus mampu melihat peluang yang tidak dapat dilihat oleh orang lain, menangkap peluang itu, memulainya, dan menjalankannya hingga berhasil dan sukses.

Secara umum, pengembangan usaha dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Pengembangan vertikal, adalah jenis perluasan usaha dengan cara membangun inti bisnis baru yang masih berkaitan dengan bisnis utamanya.
  • Pengembangan horizontal, merupakan pembangunan jenis usaha atau bisnis baru dengan tujuan untuk memperkuat bisnis utama. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan keunggulan komparatif.

Strategi Pengembangan Usaha yang Efektif

Bagaimana cara mengembangkan bisnis dengan optimal agar bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan? Dalam dunia bisnis, mengembangkan usaha tidak bisa dilakukan dengan begitu saja dan tanpa strategi pengembangan usaha yang jelas.

Jika Anda sedang mengembangkan usaha, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Aspek Penjualan, Anda harus memperhatikan bagaimana penjualan barang tersebut, umur pelanggan yang membeli barang, asal, kecenderungan konsumen, dan juga proses penjualan.
  • Aspek Manajemen, perhatikan proses manajerial bisnis Anda mulai dari pembuatan produk, perencanaan pemasaran, hingga perencanaan distribusi produk.
  • Aspek Strategi, meliputi cara mengembangkan usaha atau bisnis dengan meningkatkan kualitas produk, pembuatan produk baru, atau mungkin bekerja sama dengan pihak lain untuk memperluas pasar.

Dalam melakukan strategi pengembangan usaha, Anda perlu melakukannya dari segi produk, sistem penjualan, integrasi, dan sinergisme.

  • Segi Produk: mengembangkan usaha dilakukan dengan menyesuaikan atau mengembangkan produk sesuai dengan selera pasar, membuat dan mengeluarkan produk baru yang lebih inovatif, dan mencari cara yang efisien untuk memproduksi barang .
  • Segi Penjualan: langkah pengembangan usaha dari segi penjualan dapat dilakukan dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, melakukan penjualan dari berbagai macam media seperti media sosial, dan dengan memastikan kepuasan pelanggan.
  • Integrasi: cara mengembangkan usaha atau bisnis dengan memperbesar perusahaan. Seperti dengan membuka toko cabang, membeli toko yang menjual bahan baku untuk produksi barang, membeli perusahaan ekspedisi untuk pemasaran produk, dan membeli perusahaan percetakan untuk membuat kemasan produk.
  • Sinergisme: langkah pengembangan usaha dengan membangun sinergi di dalam perusahaan dan memperluas jaringan sosial di luar perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan merekrut pekerja baru yang memiliki bakat di bidang usaha, bekerja sama dengan perusahaan lokal atau nasional atau internasional untuk membuka peluang pasar baru, dan memperluas jangkauan pasar.
#SatSetCounting
Scroll to Top